Kebijakan Pendidikan Terkait Guru dan Tenaga Kependidkan

Notes Sesi 3

Kulian Umum PembaTik Level 4

Selasa, 15 September 2020



Naraumber    : Dr. Iwan Syahril,Ph.D (Dirjen GTK)

MC                 : Dhoni Kusman


  1. Tutwuri Handayani dari Kihajar Dewantoro sebagai filisofi pendidikan dari bapak Pendidikan Nasional. Guru menjadi teladan, guru menjadi motivator dan guru mampu mendorong peserta didik untuk merdeka belajar. 
  2. Friedrich frobel, Rabindranath Tagore (tokoh india pernah datang ke taman siswa 1927 dan mendirikan kelas kesenian khusus setelah pulang dari Yogya)  dan maria montessori (1940 mengunjungi taman siswa) Ada penghargaan timbal balik antara Kihajar Dewantoro  yang mengilhaminya.
  3. Guru dalam perspektif merdeka belajar
  4. Memandang anak dengan rasa hormat student center learning, tumbuhkan anak sebagaimana kodratnya, sehingga guru harus terus belajar karena guru tidak akan tahu bibit apa yang diterimanya. Inilah seni dalam mengajar dengan terus berkreasi sehingga bisa menumbuhkan bibit yang diterimanya.
  5. Perspektif ekologi (nature + nurture) pendidikan hanya bisa menuntun namun faedahnya bagi hidup tumbuhnya anak sangat besar.
  6. Azas dari Ki Hajar Dewantoro "Bebas dari segala ikatan, dengan suci hati mendekati sang anak, tidak untuk meminta suatu hak, namun untuk berhamba kepada sang anak".  Anak sebagai tujuan utama / fokus dari pendidikan. 
  7. Guru mendidik secara holistik meneguhkan keteguhan dan kemauan, bukan hanya teknis tapi menguatkan kemauan. Totalitas dalam mengajarkan  olah cipta, rasa, karsa dan raga
  8. Mendidik secara relevan kodrat keadaan ( alam dan zaman), pembelajaran relevan tidak dengan alam (daerah tropis dengan eropa berbeda musim otomatis pembelajaran dalam menghemat bahan pangan berbeda) dan jaman (tergantikan mesin). 
  9. Kita akan memberikan prioritas pembangunan kita pada pembangunan sumber daya manusia, pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan.
  10. Jangan terpaku pada program namun keterlaksanaan dan membawa pengaruh ke peserta didik. Profil pelajar pancasila beriman dan bertaqwa terhadap tuhan YME, mandiri, bernalar kritis, keberbhinekaan global, gotong royong, kreatif.
Semoga notes ini bermanfaat untuk kita semua ðŸ’–💖💖💖💖

0 Komentar