Motivasi Guru Dalam Mendidik : Belajar dalam Mengajar

NOTES KULIAH SESI II

Kuliah Umum PembaTik Level 4

Selasa, 15 September 2020 pukul 10.30 - 12.00 WIB

Narasumber : Butet Manurung ( Aktifitas pendidikan dan pendiri sekolah rimba)




Sahring dari nara sumber bahwa

Pendidikan bagi anak rimba bukan hanya sekedar membaca namun bagaiman mereka bisa bertahan, pendidikan adalah alat untuk memecahkan masalah dengan tetap menjunjung ada istiadat, bukan untuk mencari gelar ataupun hidup dengan penghasilan besar. sehingga makna literasi akan berbeda anatara anak rimba dan anak di tempat lain. Di tempat lain literasi adalah melek huruf tetapi bagi anak rimba literasi adalah melek masalah.

Anak rimba sejak kecil mereka sudah belajar tentang bagaimana harus hidup dan bertahan dari orang dewasa sekitarnya, jadi mereka sudah  belajar secara kontekstual dari ddahulu kala. Anak rimba hafal dengan nama-nam binatang, nama tumbuhan, jenis-jenis obat, cara berburu dan lain-lain. 




Menurut orang rimba bahwa sekolah yang bermakna adalah sekolah yang memberi manfaat untuk kehidupan saat ini bukan di masa depan. karena jika kita memelihara hari ini kita memelihara masa depan. 

Makna apa yang kita peroleh dari Sharing Nara Sumber:
  1. Pendidikan harus kontekstual berdampak, artinya berkontribusi dalam kehidupan.
  2. Keberagaman adalah kekuatan, pendekatan etnik akan membantu kita dalam mengambil pelajaran bagaimana kita bisa menerima peserta didik dengan berbagai latar belakang kehidupan mereka.
  3. Penyeragaman kurikulum akan menghasil penyeragaman kecakapan, namun disi lain akan mengancam kemandirian lokal.
  4. Literasi mendukung pembangunan yang bermuara pada kekuatan lokal
  5. Kunci utama pendidikan adalah kontekstual denganmengakomodasi budaya lokal untuk dapat menyelesaikan masalah lokal serta menguatkan potensi daerah.
  6. Guru mampu untuk membaca kebutuhan apa yang dibutuhkan anak didiknya sehingga kegiatan belajarnya akan memberi makna dalam kehidupan mereka.
  7. Bagaimana seorang guru belajar dari potensi dilingkungannya sehingga mampu mengajarkan untuk memanfaatkan dan menjaga lingkungannya. disini lah peran sosial guru, karena guru tidak hanya mengajar namun memiliki juga tanggung jawab sosial.
  8. prinsip guru adalah kerendahan hati untuk membeskan anak didiknya dari ketidaktauan mereka sehingga mereka bisa bertahan hidup. 

Inilah sekelumit notes kuliah sesi 2, semoga bisa menginspirasi pembaca semuanya.

Layer dari kuliah sesi 2

0 Komentar