Kiat Sukses bagi Para Pendidik untuk Berkomunikasi dengan Publik

NOTES KULIAH

Kuliah Umum PembaTik Level 4

Selasa, 15 September 2020, Sessi 1





Dalam kuliah umum PembaTik level 4 sesi ini Charles Bonar Sirait mengingatkan agar guru lebih meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dengan publik. Hal ini bisa dipahami karena ruang dan waktu antara guru dengan peserta didik berbeda.  eperti yang terjadi saat ini, kalau kita perhatikan keadaan sekarang ini berbeda sekali dengan sebelum pandemi, masyarakat akan bekerja dan melakukan aktivitas di luar rumah, dikantor, di keramaian dan lain-lain namun begitu pandemi semua dilakukan dari rumah secara daring/ virtual.  Seperti pada gambar berikut, bagaimana supaya pesan itu sampai?





Betapa ketrampilan berkomunikasi sangat diperlukan oleh guru untuk menjangkau peserta didik yang berada di rumah masing-masing dengan segala permasalahan yang ada.

Hal apa yang harus dipelajari agar komunikasi kita efektif dan sukses?

kita perhatikan bagan dibawah ini!




  1. Memahami pola komunikasi sederhana, bawa guru harus mampu membuat peserta didik terjaga, disadar ataupun tidak guru itu menjadi perhatian publik, nah kesempatan ini gunakan untuk memimpin. karena dengan memimpin kita akan mudah mempengaruhi.
  2. Guru memiliki rasa simpati, mencintai dan berbagi kepada peserta didik. Suasana yang dinamis dan tidak membosankan. Peserta didik akan merasa kehilangan kalau tertinggal akan materi gurunya.  Inspirasi bisa diperoleh dari siapapun, tidak memandang umur, nah dengan beralihnya sumber inspirasi maka guru harus selalu belajar dan mencari inspirasi untuk kemudian menginspirasi peserta didiknya.
  3. Kemampuan persuasif sangat mungkin dilakukan oleh guru karena guru adalah pemimpin pada saat teaching.
  4. Guru memiliki keunikan sendiri-sendir dan guru harus mampu mengeksplorenya, tetapi tetap menjadi diri sendiri.
Kuliah Umum ini merupakan sessi 1 dari 3 rangkaian  kuliah umur hari Selasa, tanggal 15 September 2020. Pelaksanaannya melalui virtual dengan room zoom meeting. dengan undangan yang dikirim melalui WAG sebagai berikut:



Kehadiran saya sebagai peserta yang mengikuti kegiatan zoom ini menggunkan HP adalah:



 Harapan saya selaku peserta yang berlatar belakang guru BK adalah lebih meningkatkan kemampuan saya dalam membantu peserta didik menyelesaikan tugas perkembangannya khususnya untuk jenjang SMP. Dimana pada masa pandemi ini anak bercerita atau curhat melalui dunia maya yang kita tidak melihat langsung ekspresi muka dan bahasa tubuhnya.💕




0 Komentar