![]() |
| Koordinasi persiapan layanan BK |
Pembagian
laporan hasil belajar semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021, belum
dilaksanakan dikarenakan kondisi pandemi. Namun pemberitahuan perolehan nilai
raport sudah dilaksanakan sesuai jadwal kalender akademik Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan.
Hari
Jum’at tanggal 18 Desemebr 2021 sekolah tercinta, telah membagikan raport secara
online. Pembagian raport menggunakan
aplikasi raport kurikulum 2013 dengan alamat urlnya https://raport.fahdkinglearning.my.id.
Seluruh peserta didik dapat mengakses nilai dengan menggunakan username dan
pasword. Username sendiri telah dimiliki peserta didik sejak melaksanakan
Penilaian Tengah Semester (PTS).
Peserta
didik atau orang tua bisa mendownload nilai laporan hasil belajar sementara
tersebut. Laporan yang print out akan diberikan setelah kondisi pandemi mereda.
Dua bulan sudah berlalu semenjak raport
dibagikan secara online. Peserta didik dan orang tua sering menanyakan “kapan
raport akan dibagikan”.
Raport
dari bulan Desember 2020 sudah siap untuk dibagikan, namun larangan berkumpul
membuatnya urung dibagikan. Khususnya peserta didik kelas IX, sebagian dari
mereka menginginkan nilai raport tersebut untuk mendaftar ke sekolah lanjutan. Sebagai
contoh SMA Krida di Bandung, mensyaratkan calon pendaftar membawa foto copy raport
selain persyaratan dari BK yang lain.
Persyaratana
yang diminta dari guru bimbingan dan konseling seperti surat kelakuan baik
serta rekomendasi peminatan. Kendala yang kami rasakan sebagai guru BK adalah
belum mengenal secara mendalam peserta didik. Sementara kami dituntut untuk
menyiapkan surat kelakuan baik dan rekomendasi peminatan.
Langkah
untuk mencari solusi dari hal tersebut adalah (1) koordinasi dengan guru BK
kelas sebelumnya, (2) koordinasi dengan wali kelas, (3) koordinasi dengan guru
mata pelajaran, (4) melakukan kajian terhadap nilai raport selama lima semester
dan (5) melihat hasil tes dari aplikasi aku pintar.
Sekolah
akhirnya mengambil langkah dalam menghadapi permintaan orang tua, yang semakin
mendesak untuk mengambil raport. Pembagian raport akan dilaksanakan dengan
terjadwal. Satu sesi pengambilan raport akan didatangkan 10 orang tua dan tiap
hari hanya 3 kelas. Penyampaian laporan hasil belajar akan disampaikan ke orang
tua mulai hari Senin tanggal 15 Februari 2021.
Kepala sekolah memberikan wacana “orang tua
yang anaknya bermasalah setelah menerima raport dari wali kelas mampir ke ruang
BK”. Penyampaian wacana tersebut dilaksanakan pada saat rapat dinas bulan
Februari 2021 melalui platform zoom. Orang tua yang dimaksud wajib membawa anaknya
yang mempunyai masalah selama PJJ. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah anak
dan orang tua memiliki pemahaman yang sama. Harapan ke depannya orang tua dan
anak memiliki kesamaan pikiran, sehingga akan saling memberikan dukungan dalam
PJJ.
Guru
BK terdiri dari tiga orang, akan hadir ke sekolah sesuia dengan kehadiran kelas
yang diampunya. Pendataan siswa bermasalah dalam PJJ dihimpun dalam angket dari
google formulir. Setiap guru melaporkan maksimal sepuluh anak bermasalah dalam
setiap kelasnya.
Data
yang sudah terkumpul direkap oleh bu Yuli Erkhinah untuk data kelas IX, pak
Giri Handoko merekap data kelas VIII. Sementara untuk kelas VII direkap pak
Yadi Raspiadi. Data yang sudah direkap dilaporkan kepada kepala sekolah. Kepala
sekolah akan menyampaikan kepada wali kelas. Wali kelas yang berwenang untuk
mendatangkan orang tua dan peserta didik.
Orang
tua, peserta didik, wali kelas dan guru BK yang sedang kurang sehat bisa
melaksanakan pembagian raport di luar jadwal. Pengaturan ulang pembagian raport
wajib menginformasikan ke sekolah. Semua unsur yang terlibat dalam penyampaian
raport wajib melakukan protokol kesehatan.
Sebuah
tugas untuk guru BK yang perlu persiapan masak. Pemahaman akan diri orang tua
maupun peserta didik wajib diketahui sebelumnya. Link hasil google form data
anak bermasalah dalam PJJ wajib dipelajari guru BK, disamping data pendukung
lain.
Waktu
yang disediakan oleh sekolah sangat terbatas, sementara keluhan peserta didik
bermasalah lumayan banyak. Koordinasi sesama guru BK diperlukan apabila
diperlukan penjadwalan ulang. Pembatasan jumlah orang yang hadir ke sekolah
sebagai bahan pertimbangannya.

0 Komentar